Kamis, 03 Juni 2010

Uji Noni Terhadap Kadar Trigliserida

PENGARUH PEMBERIAN AIR PERASAN BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA DARAH Uji Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar

Nur Isti Komah 01.204.4852(12/09)

INTI SARI

Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi merupakan faktor resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Mengkudu merupakan tanaman yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Sehingga Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian air perasan mengkudu terhadap kadar trigliserida darah tikus putih jantan galur wistar yang mendapat diit tinggi lemak.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan post test only control group design menggunakan hewan uji berupa tikus putih jantan galur wistar sebanyak 25 ekor dibagi 5 kelompok secara random. KK (-) pakan standart + lemak babi 1,71 mg, KK (+) pakan standart + lemak babi 1,71 mg + simvastatin 10mg, KP I (PS + APM 1,125ml + LB 1,71mg), KP II (PS + APM 2,25ml + LB 1,71mg), KP III (PS + APM 4,5ml + LB 1,71mg). Semua perlakuan diberikan personde 1 kali sehari selama 13 hari. Hari ke 14 diambil darahnya pada vena opthalmicus untuk diperiksa kadar trigliserida menggunakan spektrofotometri. Data yang diperoleh akan diuji dengan uji One Way Annova dilanjutkan dengan uji Post Hock LSD.

Hasil penelitian didapatkan rata-rata kadar trigliserida pada KK (-) 130,74 mg/dl, KP I 99,54 mg/dl, KP II 88,08 mg/dl, KP III 76,82 mg/dl, KK (+) 66,38 mg/dl. Pada uji One Way Anova didapatkan nilai P = 0,000 (P < 0,05) hal ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kadar trigliserida yang signifikan oleh karena pemberian air perasan mengkudu pada dosis yang berbeda. Pada uji Post Hoc LSD masing-masing kelompok mempunyai nilai P = 0,000 (P < 0,05) terdapat perbedaan rata-rata kadar trigliserida yang signifikan pada pemberian air perasan mengkudu antar dosis yang berbeda.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian air perasan mengkudu dapat menurunkan kadar trigliserida darah tikus putih jantan galur wistar.

sumber : unissula.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails