Kamis, 03 Juni 2010

Uji Noni Terhadap Kadar LDL

PENGARUH PEMBERIAN AIR PERASAN BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) TERHADAP KADAR LDL TIKUS (Uji Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Mendapat Diit Tinggi Lemak)

Retno Budiningsih - 01.204.4867

ABSTRAKSI

Penyakit jantung koroner (PJK), menjadi penyebab kematian utama di Indonesia yang disebabkan oleh peningkatan kadar kolesterol. Pengobatan modern kurang terjangkau dan mahal, sehingga dikembangkan pengobatan tradisional sebagai pengobatan alternatif. Mengkudu merupakan salah satu tanaman yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL mengandung zat likopen melalui kerja enzim HMG-CoA reduktase, vitamin C sebagai anti oksidan, zat saponin dan alkaloid mengkudu menghambat enzim lipase pancreas di usus sehingga mengakibatkan penurunan kadar kolesterol LDL.

Penelitian dilakukan dengan metode post test only control group design dengan menggunakan hewan percobaan tikus putih jantan, 25 ekor tikus dibagi menjadi 5 kelompok. KK (-) diberi pakan standart dan lemak babi, KK (+) diberi pakan standar, lemak babi dan obat simvastatin 0,18 mg, KP I diberi pakan standart, lemak babi, dan air perasan mengkudu 1,125 ml. KP II diberi pakan standart, lemak babi, dan air perasan mengkudu 2,25 ml sedangkan KP III diberi pakan standart, lemak babi, dan air perasan mengkudu 4,5 ml. Diberikan selama 13 hari kemudian di periksa kadar LDL pada hari ke 14 dengan cara mengambil darah melalui vena opthalmikus personde satu kali sehari dengan menggunakan spektrofotometri . Data dan analisa dengan uji deskriptif dilanjutkan dengan uji One Way Annova, dan uji Post Hock.

Dari hasil penelitian didapatkan kadar rata-rata LDL pada KK(-) 91,74, KK (+) 48,10, KP I 81,56, KP II 71,84, KP III 60,12. Pada uji One Way Annova didapatkan hasil yang signifikan ( P<0,05 ) sehingga dinyatakan ada perbedaan kadar LDL antar kelompok. Pada uji Post Hoc Tukey_HSD didapatkan probabilitas P<0,005 dikatakan terdapat perbedaan kadar LDL yang signifikan antar kelompok.

Ada pengaruh air perasan mengkudu terhadap kadar LDL darah tikus putih jantan yang di induksi lemak babi dan ada pengaruh air perasan mengkudu terhadap turunnya kadar LDL pada tikus putih jantan galur wistar yang di induksi lemak.

sumber : unissula.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails